Waspada: Penipuan Berkedok Malkist Roma

Teks Ni Putu Diah Eta Tritintya, Foto Ilustrasi Kaskus

Merasa ketiban durian runtuh malah ketiban buntung.

Mungkin itu ungkapan yang cocok untuk beberapa korban penipuan berkedok undian berhadiah Malkist Roma Kamis lalu.

Maraknya penipuan berkedok undian berhadiah akhir-akhir ini mulai meresahkan warga. Modusnya menyebarkan kupon berhadiah berkedok Undian Berhadiah Malkist Roma. Di situ tercantum bahwa pihak PT Mayora Indah Tbk sebagai pihak penyelenggara. Bahkan ada surat pernyataan secara tertulis bagaimana cara pengambilan hadiah, cap dan tanda tangan resmi.

Fakta yang lebih mengherankan lagi, dalam kupon undian tersebut terdapat Surat Keterangan Kepolisian dengan no Pol: SKEP/27/IV/2010/SAT KK yang dikeluarkan langsung oleh Polda Metro Jaya Jakarta. Surat ini disahkan oleh Kombes Pol.Condro Kirono, SE. Sungguh fakta yang mencengangkan.

Menelisik lebih jauh, kami mencoba mengonfirmasi kebenaran kupon tersebut melalui contact center yang tertera dalam kupon. Namun, sejak awal kami telah curiga karena no itu sangat sulit dihubungi. Menurut keterangan pelaku para korban dijanjikan hadiah undian 1 unit Toyota kijang Innova. Hebatnya, dengan lantang dan jelas pelaku mengonfirmasi surat keterangan kepolisian yang tertera di kupon untuk meyakinkan para korbannya.

Pernyataan tersebut senada dengan kesaksian Astika (nama samaran), salah satu korban. Menurutnya para korban diiming-imingi hadiah mobil Kijang Innova. Karena cara bicara dan penjelasan pelaku menyatakan isi surat keterangan kepolisian tersebut secara gamblang, maka para korban tidak menaruh curiga kepada pelaku. Mereka pun tertipu.

Hadiah yang ditunggu tunggu tak kunjung tiba. Para korban terus menerus menghubungi pelaku untuk mengkonfirmasi. Namun, pelaku mulai menghindar. Terbukti dengan telpon atau sms yang tak pernah ditanggapi pelaku. ”Awalnya saya percaya. Tapi belakangan saya hubungi ke no itu selalu direject. Di-SMS juga gak direspon,” ungkap Astika.

Hal senada diungkapkan Asih (nama samaran). “Awalnya saya tanya, “Pak, PT Mayora Indah itu apa punya cabang di Bali? bagaimana kalau saya ambil ke kantornya langsung?”. Tapi, dia bilang PT itu hanya punya cabang di Surabaya. Dari sana saya agak curiga. Untung saya belum bayar apa-apa,” ungkap wanita paruh baya ini.

Menanggapi kesaksian para korban, saya melakukan konfirmasi kepada pihak terkait. Melalui line telepon kami menanyakan kebenaran surat keterangan kepolisian tersebut. Petugas Polda Metro Jaya yang bertugas menyatakan bahwa surat keterangan kepolisian No Pol: SKEP/27/IV/2010/SAT KK tersebut tidak benar adanya.

Tak cukup dengan keterangan petugas kepolisian, kami ingin mengonfirmasi kebenarannya kepada pihak penyelenggara, yakni PT Mayora Indah Tbk yang bertempat di kawasan Gatot Subroto Barat, Denpasar.

Menurutnya pihak PT Mayora Indah Tbk tidak menyelenggarakan undian berhadiah dalam periode ini. Bahkan menurutnya beberapa hari ini sudah banyak yang datang dan menanyakan tentang kebenaran kupon berhadiah tersebut. ”Tapi untunglah mereka (para korban) berinisiatif untuk mengecek kebenarannya dulu,” ungkap salah satu karyawan PT tersebut. [b]

Tags ,

cwe sederhana,yang setiap langkahnya bagai angin,yang kadang ada,kadang tiada...,yang tak pernah dapat diikat di setiap langkahnya

Related posts

Komentar via Facebook
Top