Taman Nusa, Jalan-jalan Belajar Miniatur Nusantara

Taman Nusa di Gianyar

Patung Gajah Mada termasuk salah satu tokoh yang dipajang di Taman Nusa.

Banyak cara untuk menarik perhatian para pengunjung. 

Mulai dari tempat keren hingga makanannya. Seperti salah satu tempat wisata satu ini. Namanya Taman Warisan Budaya Nusantara di Jalan Taman Bali, Banjar Blahpane Kelod, Desan Sidan, Gianyar.

Taman yang memiliki luas 15 hektar ini membentang di lereng Sungai Melangit, perbatasan tiga wilayah yaitu Klungkung, Bangli dan Gianyar.

Taman Nusa menampilkan berbagai rumah tradisional dari seluruh Indonesia. Dia disusun dengan urutan waktu: Masa Pra Sejarah, Masa Sejarah, Masa Indonesia dengan Kampung Budayanya, Indonesia Masa Kini dan Indonesia Masa Depan.

Masukilah “kampung besar Nusantara” Anda bisa menemukan aktivitas budaya seperti: membatik, menenun, mengukir, membuat wayang, menari (berbagai tarian Nusantara), bermain kulintang, angklung dan lain-lain. Kampung Budaya juga menampilkan beberapa penghuni asli seperti suku Papua, Amarasi, Sumba, Lio, Bali, Makasar, Dayak, Tapanuli, Jawa, dan Sunda.

Kegiatan membatik di Taman Nusa Gianyar

Kegiatan membatik di Taman Nusa Gianyar

Tidak hanya sekadar berwisata, tempat ini juga memberikan pendidikan secara tidak langsung kepada para pengunjung. Selain unik, dia juga ramah alam dan lingkungan. Tempatnya santai nyaman yang berguna karena akan menambah wawasan.

Taman Nusa juga cocok untuk wisata spiritual. Alam hijau dan tempat yang luas cocok untuk meditasi dan doa. Adanya replika Borobudur, patung Gajah Mada, dan Soekarno-Hatta sebagai kenangan sejarah bangsa yang besar dengan energi besar, juga akan memberi inspirasi bagi keutamaan-keutamaan hidup. Misalnya nilai persatuan, keberagaman, persaudaraan, perjuangan, cinta budaya sendiri, dan lain-lain.

Miniatur budaya Toraja di Taman Nusa

Miniatur budaya Toraja di Taman Nusa.

Taman Nusa memiliki program tambahan yang bisa ditawarkan dalam kunjungan tamu, seperti workshop membatik, workshop angklung, workshop menari (Bali dan Nusantara), foto pakaian tradisional, outbond (Team Building), dll.

Bagaimanapun juga generasi muda kita perlu kembali mencintai identitas budayanya sendiri, agar menyadari kekuatan dan potensi bangsanya, lalu berjuang untuk mengukir sejarah baru Nusantara.

Berkunjung ke Taman Nusa bisa menambah pengetahun bagi kita, termasuk anak-anak muda, untuk mengenal sejarah dan kekayaan bangsanya sendiri. [b]

Gede Apgandhi Pranata

seorang yang suka menemani pendengar kadang juga jadi tukang photo. Tinggal di kawasan Denpasar.

Related posts

*

Top