Beginilah Gaya Hidup Lebih Ramah Lingkungan

Tanaman hijau berguna untuk memproduksi oksigen sekaligus menghias rumah. Foto Anton Muhajir.

Sebenarnya tidak susah. Tinggal mau apa tidak.

Gaya hidup lebih ramah lingkungan bisa disebut juga gaya hidup bertanggung jawab atau berkelanjutan. Apapun namanya, tujuannya sama: bagaiman membuat perilaku kita sehari-hari agar lebih ramah lingkungan.

Sebenarnya, gaya hidup lebih ramah lingkungan bukanlah hal susah. Relatif mudah dilakukan. Tinggal tergantung seberapa besar keinginan dan kesungguhan.

Saya sendiri mengalaminya. Pada awalnya terlihat begitu susah. Namun, setelah dengan serius menerapkannya, ternyata bisa juga. Gaya hidup lebih ramah lingkungan atau hidup bertanggungjawab, ternyata bisa juga kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, sebelum itu, perlu ada prinsip yang perlu kita pahami.

Pertama, lingkungan adalah masalah semua orang. Sadar atau tidak sadar, tiap orang ikut menyumbang dalam perusakan lingkungan. Karena apapun yang kita lakukan pasti meninggalkan jejak yang bisa merusak lingkungan.

Karena tiap orang bisa menjadi penyebab, maka tiap orang pun bisa menjadi bagian dari solusi.

Kedua, tidak ada yang sia-sia. Sekecil apapun upaya untuk memperbaiki lingkungan, tidak ada yang percuma. Boleh saja ada yang mengklaim lebih efektif, tapi saya yakin tidak ada solusi tunggal.

Karena itulah, kita bisa memulai dari diri kita sendiri. Saya percaya itu dan karena itu pula saya berusaha melakukannya mulai dari skala paling kecil: pribadi dan rumah tangga.

Berikut enam hal yang saya lakukan untuk menuju perilaku hidup lebih ramah lingkungan. Semoga bisa jadi inspirasi.

Authors

Jurnalis lepas, blogger, editor, dan nyambi tukang kompor. Mengelola Sloka Institute sambil menulis lepas di media arus utama ataupun media komunitas.

Catering Bali

Related posts

*

Top