Menjaga Kebersihan Pura, Apa Susahnya?

Menjaga kebersihan pura seharusnya menjadi tanggung jawab kita semua. Foto Made Selamat.

Piodalan di Pura Dalem Muntig dilaksanakan tiap Tilem Kapitu. 

Begitu pula pada Tilem Sasih Kapitu kemarin. Saya sembahyang di Pura Dalem di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem ini. Suasana cukup ramai. Saya memilih datang pada pukul 3 sore bersama keluarga kecil saya.

Sesampai di halamam pura saya melihat pemandangan sampah canang, bunga dan kantong plastik berserakan. Masuk ke plataran pura, semakin banyak sampah kami temui.

Banyak dari pemedek yang enggan membawa canang sisa sembahyang untuk dibuang di tempat sampah. Entah apa yang dipikirkan, selesai sembahyang langsung pulang. Mungkin nanti ada pengayah yang membersihkan pikirnya.

Kalau bukan kita bersama-sama menjaga kesucian dan kebersihan Pura siapa lagi yang menjaganya. Mungkin gampang dan memang wajib jika pemangku yang harus membersihkan sisa canang di pelinggih atau piasan pura. Namun, di lantai tempat kita sembahyang apakah juga kewajiban beliau untuk membersihkannya?

Mari berpikir jernih, selesai sembahyang. Jangan lagi meninggalkan sampah canang sisa sembahyang dan sampah plastik berserakan di Pura. Karena membersihkan sampah juga merupakan wujud bakti kita kepada Tuhan.

Menjaga kebersihan pura adalah kewajiban kita semua. Suksma. [b]

Authors

Warga Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem, Bali.

Catering Bali

Related posts

*

Top